Tugas Tugas Manajemen Pemasaran

Tugas Tugas Manajemen Pemasaran – Pada dasarnya administrasi itu terdiri atas perancangan dan pelaksanaan rencana-rencana. Dalam menciptakan suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk menciptakan taktik dan rencana. Untuk planning jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan planning tersebut, ia harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari kepada para bawahan.


Secara umum administrasi memiliki tiga kiprah pokok, yaitu :
  • Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
  • Melaksanakan planning tersebut
  • Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi planning tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).



Merketing Management

Manajemen pemasaran bertugas untuk memilih barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, memilih barang tersebut akan dijual kesegmen pasar ang bagaimana, dan memilih media promosi apa yang dipakai yang bisa menarik minat konsumen. Pada dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan yakni mencari keuntungan semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan sanggup menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, akan bisa mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Oleh lantaran itu untuk menarik konsumen melaksanakan pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu taktik pemasaran yang sempurna sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi.


Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial sehingga konsumen sanggup memperoleh kebutuhan/keinginan mereka melalui permintaan, penawaran, dan penukaran nilai suatu produk antara penjual dan pembeli.

  • Kebutuhan : segala kebutuhan dasar insan baik intuk minum, makan, pakaian, pendidikan dan lainnya
  • Keinginan : Merupakan kondisi lebih khusus dari kebutuhan, contohnya minuman ringan, kuliner bergizi, pendidikan tinggi, atau lainnya
  • Permintaan : akumulasi kebutuhan/keinginan yang potensial untuk digarap, misalnya, makanan, perumahan, pendidikan dan lainnya.

Beberapa istilah yang penting dalam konteks pemasaran yakni :
  • Produk (barang, jasa, ide) : segala hasil kerja insan yang sanggup ditawarkan kepada insan lainnya baik berupa barang, jasa atau ide.
  • Nilai : asumsi konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan
  • Biaya : harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
  • Kepuasan : seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara keinginan dan kenyataan,
  • Pasar : daerah yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

 Tiga Unsur Penting Manajemen Pemasaran

Ketiga unsur penting tersebut yakni sebagai berikut:
  • Orientasi pada konsumen
Di dalam konsep pemasaran sebagai bab dari administrasi pemasaran merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas utama ketika menghasilkan sebuah produk bisnis. Pada hakikatnya perjuangan bisnis yang dilakukan merupakan upaya pemenuhan terhadap kebutuhan konsumen. Konsumen yakni orientasi utama yang harus dipertimbangkan dalam segala macam bentuk taktik bisnis. Demikian pula terhadap proses marketing, maka mengedepankan pihak konsumen merupakan taktik bab dari konsep pemasaran yang harus selalu diperhatikan. Konsumen yakni raja, dan pihak perusahaan yakni pelayan yang melayani kebutuhan sang raja dengan banyak sekali ajuan yang menarik baik dalam hal produk yang dihasilkan maupun pada upaya kegiatan pemasaran. Manajemen pemasaran menghendaki konsep pemasaran yang terbaik, yakni dengan menyebabkan konsumen sebagai orientasi utama.
  • Penyusunan kegiatan-kegiatan pemasaran secara integral atau menyeluruh
Manajemen pemasaran melalui konsep pemasaran sebagai bab dari falsafah bisnis yang dijalankan menghendaki adanya pengaturan secara dinamis banyak sekali bentuk penyusunan kegiatan pemasaran secara lebih menyeluruh. Segala bentuk kebutuhan dalam bidang pemasaran, upaya strategi, pelaksanaan, penganalisaan, pengawasan dan sebagainya yang menyangkut dengan kegiatan pemasaran perlu dilakukan secara tersusun, diatur secara detai dan terang sehingga akan mempermudah proses pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen pemasaran menghendaki sebuah upaya yang sistematis yang terang sehingga bisa dilakukan analisa dan pengawasan terhadap hasil yang didapatkan. Evaluasi terhadap sebuah administrasi pemasaran salah satunya juga didasarkan atas kegiatan penyusunan secara integral tersebut.
  • Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen juga merupakan salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan konsep pemasaran. Manajemen pemasaran yang baik menghendaki adanya hasil kepuasan konsumen yang maksimal sebagai akhir dari proses marketing yang berjalan baik. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, namun juga dari bagaimana cara dan taktik pemasaran itu dijalankan.
Oleh lantaran itu, manajer memiliki banyak kiprah yang sanggup ditinjau dari segi fungsi administrasi yang dilakukannya di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses administrasi itu dijalankan untuk mengubah sumber-sumber menjadi produk yang sanggup memenuhi kebutuhan konsumen. Kebutuhan dan keinginan konsumen sangat banyak ragamnya dan selalu berubah, tidak semuanya sanggup terpenuhi. Kebutuhan pasar yang masih ada atau kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi tersebut bagi pemasar merupakan peluang pemasaran yang perlu dimanfaatkan.

Tugas-tugas manajer pemasaran sanggup dilihat dari segi fungsi administrasi yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses administrasi itu dijalankan untuk mengubah sumber-sumber menjadi produk yang sanggup memenuhi kebutuhan manusia. Tugas-tugas itu antara lain :
  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Mengembangkan suatu konsep produk yang ditujukan untuk memuaskan/ melayani kebutuhan
  • Membuat desain produk
  • Mengembangkan pembungkusan dan merk
  • Menetapkan harga semoga memperoleh Return on investment yang layak
  • Mengatur distribusi
  • Memeriksa penjualan
  • Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunkan media atau cara lain yang tepat


Sumber http://www.ekonomiplanner.com