Inilah, Pengertian, Tugas, & Wewenang Bank Indonesia (Bank Sentral)

Inilah Pengertian, Fungsi, dan Kewenangan Bank Indonesia (Bank Sentral). Bank Indonesia merupakan forum negara yang independen bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak-pihak lainnya.

A. Apa Pengertian Bank Sentral?

Bank sentral adalah lembaga yang yang diberi kontrol istimewa atas produksi dan distribusi uang dan kredit . Di ekonomi modern, bank sentral biasanya bertanggung jawab atas perumusan kebijakan moneter dan peraturan bank-bank di bawahnya.

Bank sentral adalah otoritas nasional independen yang melakukan kebijakan moneter , mengatur bank , dan menyediakan layanan keuangan termasuk penelitian ekonomi. Tujuannya adalah untuk menstabilkan mata uang negara, menjaga tingkat pengangguran tetap rendah, dan mencegah inflasi.

Sebagian besar bank sentral diperintah oleh dewan yang terdiri dari bank anggota. Kemudian Kepala pejabat negara terpilih mengajukan nama untuk direktur Bank Sentral. Lalu Badan legislatif nasional menyetujunya.

Hal itu membuat bank sentral selaras dengan tujuan kebijakan jangka panjang negara tersebut. Dan juga terbebas dari pengaruh politik praktis. Bank of England pertama kali menetapkan model bank sentral seperti ini.

Untuk artikel tentang bank syariah bisa pelajari di Muamalatku. Selain itu juga ada pembahasan ekonomi syariah secara umum.

B. Apa Fungsi dari Bank Sentral?

Bank sentral di Indonesia dipegang oleh Bank Indonesia. Menurut UU Nomor 23 Tahun 1999 perihal Bank Indonesia, Bank Indonesia merupakan forum negara yang independen bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak-pihak lainnya, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang tersebut.

pengertian, wewenang, fungsi bank sentral

pengertian, wewenang, fungsi bank sentral

Fungsi Bank Sentral ialah sebagai bank dari pemerintah dan sebagai bank dari bank umum (banker’s bank), sekaligus untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

 Adapun kiprah bank sentral antara lain sebagai berikut.

1)    Menetapkan dan melakukan kebijakan moneter
2)    Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
3)    Mengatur dan mengawasi bank

4)    Sebagai penyedia dana terakhir (last lending resort) bagi bank umum dalam bentuk Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI)

C. Apa Saja Wewenang Bank Sentral Indonesia

TONTON Video Menarik Tentang Kebijakan dan Wewenang BI di Bawah Ini:

Kewenangan yang dimiliki Bank Indonesia selaku bank sentral tidak sanggup dipisahkan dengan pelaksanaan kiprah Bank Indonesia.

1. Dalam   rangka  melaksanakan  tugas   menetapkan  dan  melaksanakan  kebijakan  moneter,  BI   mempunyai kewenangan:

  • Menetapkan sasaran-sasaran moneter, dengan memperhatikan target laju inflasi
  • Melakukan   pengendalian   moneter,   dengan   menggunakan   berbagai   instrumen  kebijakan moneter (operasi pasar terbuka, akomodasi diskonto, penetapan giro wajib minimum, dan imbauan).

2.  Dalam  rangka  melaksanakan  tugas  mengatur  dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, BI diberi kewenangan:

a. Menetapkan penggunaan alat pembayaran
  • Meliputi mengeluarkan, mengedarkan, menarik, dan memusnahkan uang rupiah, termasuk memutuskan macam, harga, ciri uang, materi yang digunakan, serta tanggal mulai berlakunya.
b. Mengatur dan menyelenggarakan sistem pembayaran
  • Meliputi kewenangan memperlihatkan izin kepada pihak lain untuk menyelenggarakan jasa sistem pembayaran, mengatur sistem kliring dan menyelenggarakan kliring antar bank serta menyelenggarakan penyelesaian simpulan (setelmen) transaksi pembayaran antarbank.

3.   Dalam  rangka  melaksanakan  kiprah mengatur dan mengawasi bank, BI mempunyai kewenangan:

    • memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan dan acara perjuangan tertentu dari bank
    • menetapkan peraturan di bidang perbankan
    • melaksanakan pengawasan bank baik secara pribadi maupun tidak langsung
  • mengenakan hukuman terhadap bank sesuai ketentuan perundangan.

Itulah Pembahasan singkat mengenai  Pengertian, Fungsi, dan Wewenang bank Indonesia (Bank Sentral). Semoga bermnafaat, jika ingin pembehasan lebih mendalam silahkan kunjungi referensi di bawah. Dapatkan juga produk dari situs keuangan muamala, di produk muamala.

Sumber Referensi

  1. www.investopedia.com/terms/c/centralbank.asp
  2. www.thebalance.com/what-is-a-central-bank-definition-function-and-role-3305827
  3. http://www.ekonomi-holic.com/