STRATEGI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Strategi sukses berguru akuntansi perusahaan jasa STRATEGI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASAAkuntansi perusahaan jasa merupakan akuntansi yang pertama kali diajarkan ketika seseorang berguru akuntansi. Pada kurikulum 2006 siswa Sekolah Menengan Atas atau MA konsep akuntansi perusahaan jasa diajarkan pada kelas XI, pada siswa Sekolah Menengah kejuruan akuntansi perusahaan jasa diajarkan pada kelas X sedangkan pada perguruan tinggi tinggi, akuntansi perusahaan jasa diajarkan kepada mahasiswa fakultas ekonomi mata kuliah dasar-dasar akuntansi dalam semester 1. Dalam akuntansi perusahaan jasa dibahas perihal pengenalan bukti transaksi keuangan yang dilanjutkan dengan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum hingga pada penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa yang mencakup laporan laba-rugi, laporan perubahan modal, neraca dan laporan arus kas.

Pada dasarnya akuntansi perusahaan jasa ini sanggup dibilang sebagai dasar dalam pemahaman akuntansi perusahaan dagang dan akuntansi perusahaan manufaktur, hal ini alasannya dalam akuntansi perusahaan jasa memuat sebagian besar proses atau siklus akuntansi yang berlaku dalam perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur. Dengan kata lain pemahaman atau penguasaan yang baik perihal akuntansi perusahaan jasa akan sangat mendukung dalam penguasaan akuntansi perusahaan dagang maupun manufaktur. Mengingat betapa pentingnya penguasaan akuntansi perusahaan jasa tersebut maka seharusnya baik siswa atau mahasiswa atau pihak lain yang tertarik mempelajari akuntansi memakai taktik yang sempurna untuk mempelajari akuntansi perusahaan jasa, sehingga konsep akuntansi yang terkandung dalam akuntansi perusahaan jasa sanggup dikuasai dengan baik dan sanggup mempraktikannya dalam dunia perjuangan maupun dalam praktikum disekolah atau perguruan tinggi tinggi.


Berdasarkan pengamatan penulis, banyak siswa maupun mahasiswa yang masih merasa kesulitan dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa, padahal seharusnya akuntansi perusahaan jasa sanggup dikuasai dengan sebaik-baiknya sehingga akan memudahkan pemahaman akuntansi berikutnya. Pada umumnya siswa maupun mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menguasai akuntansi perusahaan jasa tersebut, belum mempunyai pemahaman yang baik tolong-menolong akuntansi merupakan suatu rangkaian dari beberapa tahap atau siklus yang saling berkaitan antara tahap satu dengan tahap selanjutnya, oleh alasannya itu dalam akuntansi dikenalah siklus akuntansi. Para siswa yang merasa kusulitan dalam berguru akuntansi perusahaan jasa hanya mempelajari akuntansi secara parsial atau bagian-bagian dari siklus akuntansi, mereka belum menyadari bahwa sebenarnya untuk sanggup mengusai akuntansi harus mempelajarinya secara keseluruhan dari siklus akuntansi termasuk memahami keterkaitan atau hubungan antara tahap sebelumnya dengan tahap yang sedang berjalan maupun tahap selanjutnya. Misalnya ketika menyusun jurnal penyesuaian perusahaan jasa, maka kita harus memahami alasan kita menciptakan jurnal penyesuaian tersebut atau dalam diri kita harus terfikir mengapa jurnal penyesuaian tersebut perlu disusun, memahami tahap sebelum penyusunan jurnal penyesuaian yaitu tahap penyusunan neraca saldo, kita harus mengetahui keterkaitan antara penyusunan jurnal penyesuaian dengan neraca saldo, contohnya saja dalam penetapan apakah akan dipakai pendekatan neraca ataukah pendekatan laba-rugi ketika menyusun penyesuaian pendapatan diterima dimuka.

Berdasarkan pengamatan saya tersebut, maka sekedar saran bagi sobat yang sedang berguru atau mengajarkan akuntansi perusahaan jasa gunakanlah “strategi siklus akuntansi” dalam memahami atau memberi pemahaman konsep akuntansi. Strategi siklus akuntansi merupakan suatu taktik dalam berguru akuntansi dengan memahami keterkaitan-keterkaitan dalam setiap tahap atau proses akuntansi mulai dari analisa bukti transaksi hingga pada penyusunan laporan keuangan. Untuk sanggup menerapkan taktik ini maka sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu perihal siklus akuntansi.

Dengan memahami siklus akuntansi maka anda akan mempunyai arah dalam berguru akuntansi secara menyeluruh tidak hanya pada bagian-bagian saja. Setelah anda memahami siklus akuntansi maka anda sanggup mulai mempelajari satu demi satu tahapan yang tercakup dalam siklus tersebut. Tidak kalah penting juga untuk memperkuat penguasaan anda perihal akuntansi maka anda disarankan untuk selalu berlatih mengerjakan soal-soal akuntansi yang relevan dengan yang anda pelajari. Sebagai salah satu media bagi anda dalam menerapkan taktik siklus akuntansi, berikut ini dipaparkan tahap-tahap dalam siklus akuntansi yang perlu anda kuasai dalam berguru akuntansi.

Alur dalam berguru akuntansi perusahaan jasa secara runtut

Analisa Bukti transaksi keuangan

Bukti transaksi keuangan merupakan bukti adanya suatu insiden yang bekerjasama dengan keuangan, Jenis bukti transaksi keuangan dalam akuntansi antara lain, kuintansi atau receipts, nota atau notes, faktur atau invoices, memo internal atau internal memos, memo debit dan memo kredit. Berdasarkan bukti transaksi keuangan yang dimiliki perusahaan selanjutnya sanggup dilakukan pencatatan ke dalam jurnal umum, namun untuk sanggup mencatat bukti transaksi kedalam jurnal umum maka bukti transaksi tersebut harus dianalisis sehingga sanggup diketahui debet atau kredit sebagai perlakuan yang sempurna untuk akun yang terkait dengan bukti transaksi tersebut. Setelah diketahui debit atau kredit maka sanggup dilakukan pencatatan bukti transaksi yang dimiliki perusahaan ke dalam jurnal umum. Untuk memahami lebih lanjut perihal analisis bukti transaksi sanggup dipahami dalam artikel analisa bukti transaksi.

Penyusunan junal umum

Jurnal umum merupakan catatan perihal transaksi keuangan yang memuat nama akun dan sejumlah uang atau saldo akun yang dicatat pada posisi debit ataupun kredit. Cara menyusun jurnal umum. Setelah penyusunan jurnal umum maka saldo-saldo dalam jurnal umum akan diposting atau dipindahkan ke buku besar.

Posting jurnal umum ke buku besar

Buku besar merupakan daerah untuk mengelompokan akun-akun homogen yang terdapat dalam jurnal umum. Buku besar disusun menurut jurnal umum, dengan penyusunan buku besar maka sanggup diketahui saldo-saldo setiap akun dalam perusahaan tersebut. untuk memahami cara posting jurnal umum ke buku besar sanggup dipahami dalam artikel buku besar.

Penyusunan Neraca saldo

Neraca saldo atau disebut juga trial balance merupakan hasil dari ringkasan buku besar, didalam neraca saldo tercakup nama-nama akun beserta saldo total yang bersumber dari buku besar. salah satu fungsi neraca saldo yakni untuk mengecek kebenaran dari buku besar yang telah disusun sudah benar atau belum, Apabila neraca saldo mengambarkan saldo total yang seimbang antara debit dan kredit maka buku besar yang disusun sudah benar.

Penyusunan jurnal penyesuaian

Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibentuk untuk menyesuaiakan akun-akun tertentu dengan keadaan yang sebenarya dalam periode tersebut, sehingga dengan jurnal penyesuaian ini akan menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan sanggup dipertanggung jawabkan. untuk memahami perihal jurnal penyesuaian sanggup dipahami dalam artikel cara menyusun jurnal penyesuaian.

Penyusunan Neraca saldo disesuaiakan

Neraca saldo sesudah disesuaiakan merupakan neraca saldo yang disusun sesudah diadaptasi dengan adanya jurnal penyesuaian. Dalam neraca saldo sesudah penyesuaian ini memuat saldo-saldo yang sesuai dengan keadaan keuangan perusahaan hingga dengan ahir periode. Berdasarkan neraca saldo disesuaiakan ini maka sanggup disusun laporan keuangan laba-rugi, perubahan modal maupun neraca, namun biasanya untuk mempermudah dalam proses penyusunan laporan keuangan dibentuk neraca lajur yang fungsinya untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan.


Penyusunan laporan laba-rugi

Laporan keuntungan rugi merupakan laporan keuangan yang menyajikan penghasilan perusahaan, biaya dan beban perusahaan dan menyajikan keuntungan atau rugi perusahaan dalam satu periode. Penyusunan laporan keuntungan rugi ini sanggup dilakukan dengan gampang menurut neraca lajur yaitu dengan mengutip akun-akun nominal yang terdapat pada kolom laba-rugi. untuk memahami lebih lanjut perihal penyusunan laporan laba-rugi sanggup dipahami dalam artikel cara penyusunan laporan laba-rugi perusahaan jasa.

Penyusunan laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan yang menyajikan perubahan modal suatu perusahaan dalam satu periode.

Penyusunan Neraca atau balance sheet

Neraca merupakan laporan keuangan yang menyajikan kekayaan perusahaan beserta sumber kekayaan tersebut.

Penyusunan laporan arus kas

Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang menyajikan ajaran kas masuk dan kas keluar suatu perusahaan dalam satu periode.

Penyusunan jurnal penutup

Jurnal epilog merupakan jurnal yang disusun dengan tujuan menihilkan akun-akun nominal dalam satu periode. Akun nominal perlu dinihilkan atau dienolkan alasannya akun nominal hanya berlaku untuk satu periode saja, dan tidak berlaku untuk periode berikutnya sehingga pada periode berikutnya harus bernilai 0. untuk memahami lebih lanjut perihal jurnal epilog sanggup dipahami dalam cara menyusun jurnal penutup.

Posting jurnal epilog ke buku besar

Posting jurnal epilog ke buku besar merupakan proses pemindahan akun dan saldo-saldo yang terdapat dalam jurnal epilog ke buku besar, dengan adanya posting ini maka dalam buku besar akan terlihat semua akun nominal bersaldo 0 (nol).

Penyusunan neraca saldo sesudah penutupan

Neraca saldo sesudah epilog merupakan neraca saldo yang hanya memuat akun-akun rill perusahaan dalam periode tersebut. Neraca saldo epilog ini hanya berisi akun rill saja alasannya akun nominal telah bersaldo 0 (nol). Neraca saldo sesudah epilog disusun menurut buku besar sesudah jurnal epilog diposting. Untuk memahami lebih lanjut perihal neraca saldo sesudah epilog sanggup dipahami dalam artikel penyusunan neraca saldo penutup.

Penyusunan jurnal pembalik

Jurnal pembalik merupakan jurnal yang disusun dengan tujuan untuk menyederhanakan proses pencatatan transaksi keuangan pada periode berikutnya. Jurnal pembalik disusun pada awal periode selanjutnya. untuk memahami perihal jurnal pembalik sanggup dipahami dalam artikel jurnal pembalik.

Kesimpulan:
Strategi siklus akuntansi merupakan suatu taktik dalam mempelajari akuntansi secara keseluruhan tidak secara parsial atau per bagian. Dalam taktik siklus akuntansi menekankan keterkaitan antar tahap-tahap dalam siklus akuntansi, sehingga dengan taktik ini konsep akuntansi sanggup tertanam dengan baik alasannya didukung pemahaman secara menyeluruh perihal apa, bagaimana dan mengapa. Demikianlah pemaparan perihal strategi berguru akuntansi perusahaan jasa, agar sanggup menjadi acuan berguru anda
Sumber http://www.akuntansipendidik.com/