RPP KURIKULUM 2013: STANDAR KOMPETENSI VS KOMPETENSI INTI

RPP Kurikulum 2013 -Kurikulum 2013 secara resmi diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2013 dan masih diterapkan pada sekolah-sekolah terbatas pada tahun pelajaran 2013/2014.

Sebelum adanya kurikulum 2013, kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang biasa dikenal dengan sebutan KTSP.

Terdapat beberapa perbedaan di antara sistem kurikulum 2013 dengan sistem kurikulum KTSP. Salah satu perbedaan tersebut terletak pada penyusunan RPP.

Perbedaan RPP kurikulum 2013 dengan RPP KTSP


Berbeda dengan RPP dalam sistem KTSP, pada penyusunan RPP kurikulum 2013 tidak lagi dikenal adanya standar kompetensi.

Melainkan terdapat istilah gres yaitu, kompetensi inti. Kompetensi inti itu sendiri merupakan citra umum mengenai kompetensi utama yang digolongkan kepada beberapa aspek.

Aspek-aspek tersebut mencakup aspek sikap, aspek keterampilan (kognitif, afektif, dan psikomotorik), dan aspek pengetahuan.

Aspek-aspek tersebut perlu dipelajari akseptor didik dikala menempuh jenjang sekolah, pada kelas dan mata pelajaran. Intinya, kompetensi inti yaitu kemampuan dasar yang harus dimiliki akseptor didik melalui pembelajaran suatu pelajaran tertentu.

 kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang biasa dikenal  RPP KURIKULUM 2013: STANDAR KOMPETENSI VS KOMPETENSI INTI

Pada RPP kurikulum 2013 ini diterapkan prinsip-prinsip pendidikan dalam penyusunan RPP. Prinsip-prinsip tersebut ditinjau berdasarkan standar proses yang menitikberatkan pada perbedaan antara masing-masing akseptor didik, mendorong semoga akseptor didik lebih aktif, menyebarkan budaya menulis dan membaca, menerapkan banyak sekali teknologi dan informasi, serta menawarkan tindak lanjut serta umpan balik untuk akseptor didik.

Hal yang paling mendasari perbedaan RPP kurikulum 2013 dengan kurikulum-kurikulum lainnya yaitu RPP kurikulum 2013 disusun secara tematik.

Tema tersebut berlaku bagi seluruh mata pelajaran pada tiap-tiap kelas. Misalnya, kalau tema yang dibahas pada kelas I sekolah dasar yaitu Manusia, maka seluruh mata pelajaran di kelas I sekolah dasar tersebut akan membahas mengenai manusia, tetapi dengan sudut pandang yang berbeda tergantung pada mata pelajarannya.

Begitulah, kurikulum di tanah air selalu diperbaharui seiring cita-cita semua pihak untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air.

RPP kurikulum 2013 yang disusun pun tidak terkecuali menjadi langkah faktual perubahan pendidikan tersebut.

Di dalam penyusunan RPP tentunya dilibatkan banyak pihak dan memperhatikan banyak pihak juga. Hal tersebut tentunya dengan menitikberatkan segala sesuatunya kepada akseptor didik.

Kesimpulan
RPP kurikulum 2013 merupakan RPP gres yang disusun seiring berubahnya kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013. Perubahan kurikulum tersebut resmi diluncurkan pada 15 Juli 2013.
Sumber http://www.akuntansipendidik.com/