PTK SEBAGAI METODE PENINGKATAN KINERJA GURU

Selamat malam sahabat pendidik, pada kesempatan ini saya mencoba memaparkan pemikiran saya tentang  Penelitian Tindakan Kelas atau disingkat PTK.

Setelah sebelumnya dibahas perihal PTK dalam artikel mengapa harus menyusun PTK, pada kesempatan ini saya ingin melanjutkan pembahasan terkait PTK khususnya perihal khakikat PTK dengan judul post PTK sebagai metode peningkatan kinerja guru.


Latar belakang menyusun PTK

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan baik sebagai guru maupun sebagai dosen, maka tidak ada salahnya apabila saudara meluangkan waktu untuk instropeksi diri terkait dengan sejauh manakah kualitas pembelajaran yang saudara laksanakan?

Apakah kualitas pembelajaran saudara sudah berkualitas atau mungkin masih kurang berkualitas, tentunya kualitas yang baik yang diharapkan.

Kualitas pembelajaran dikatakan baik apabila dalam pembelajaran tersebut, saudara laksanakan dengan penuh antusias dan pengabdian tinggi serta menerapkan strategi, model, metode maupun media yang tepat.

Pengaruh adanya kualitas pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran tersebut sanggup memotivasi penerima didik untuk aktif dalam aktivitas mencar ilmu yang anda pimpin, dikatakan aktif apabila ketika KBM pikiran dan aktivitas siswa terfokus dalam aktivitas mencar ilmu yang anda pimpin.

Selain itu dengan kualitas pembelajaran yang baik maka tujuan pengajaran yang ditargetkan akan tercapai sehingga tercapai prestasi yang memuaskan yang sanggup dicapai siswa-siswa saudara.

Sedangkan kualitas pembelajaran dikatakan masih kurang berkualitas, sanggup diketahui dari minat mencar ilmu siswa rendah dalam mengikuti pembelajaran yang bapak atau ibu laksanakan, penerima didik terlihat kurang termotivasi dalam pembelajaran yang bapak atau ibu laksanakan dan hal ini berujung dengan prestasi penerima didik dibawah KKM atau hasil mencar ilmu masih rendah.

 pada kesempatan ini saya mencoba memaparkan pemikiran saya perihal PTK SEBAGAI METODE PENINGKATAN KINERJA GURU

Sekarang saya kembali bertanya kepada saudara, seberapa berkualitas pembelajaran saudara? apabila kualitas pembelajaran yang saudara laksanakan sudah baik maka pertahankan, namun apabila kualitas pembelajaran yang saudara laksanakan masih kurang berkualitas mulailah saudara berbenah, renungkanlah apakah yang menjadi duduk masalah dalam pembelajaran saudara, apakah penerapan taktik atau model pembelajaran yang kurang tepat, ataukah media pembelajaran yang kurang berkualitas? Untuk mulai bergegas menuju pelaksanaan pengajaran yang berkualitas maka salah satu langkah yang sanggup ditempuh yaitu dengan melaksanakan PTK.

Peran PTK dalam Peningkatan Kinerja guru

PTK memiliki tugas yang sangat penting bagi para pendidik, mengapa? hal ini alasannya yaitu dengan melaksanakan PTK pendidik sanggup mendiagnosa duduk masalah dalam pembelajaran yang dilaksanakannya, sesudah diketahui masalahnya maka pendidik sanggup menciptakan hipotesis perihal solusi pemecahan duduk masalah yang dialaminya dalam proses pembelajaran, selanjutnya hipotesis tersebut dibuktikan secara ilmiah dan pada ahirnya melalui pelaksanaan PTK tersebut pendidik baik guru maupun dosen sanggup menemukan solusi terhapap duduk masalah yang dialaminya dengan demikian pembelajaran yang dilakukan akan semakin berkualitas dan meningkatkan kinerja guru.

Demikianlah pembahasan perihal PTK sebagai metode peningkatan kinerja guru, supaya artikel ini sanggup mengantarkan saya langsung dan saudara menjadi guru yang profesional yaitu guru yang memiliki kemampuan merencanakan proses mencar ilmu mengajar, melaksanakan dan memimpin aktivitas mencar ilmu mengajar, menilai kemajuan aktivitas mencar ilmu mengajar dan menafsirkan serta memanfaatkan hasil evaluasi kemajuan aktivitas mencar ilmu mengajar.
Sumber http://www.akuntansipendidik.com/