PROSES POSTING BUKU BESAR PADA PERUSAHAAN DAGANG

Dalam Akuntansi terdapat dua jenis Buku besar, yaitu Buku besar utama atau general ledger dan buku besar pembantu.


Buku besar utama merupakan buku besar yang berisi wacana kumpulan dari beberapa akun yang saling berafiliasi dan merupakan satu kesatuan tersendiri. Sedangkan buku besar pembantu ialah buku besar yang dibentuk untuk mempermudah dalam merinci informasi yang terdapat dalam salah satu akun buku besar utama. Untuk lebih terang wacana buku besar pembantu sanggup anda baca dalam postingan Hakikat dan fungsi buku besar pembantu.

Dalam postingan ini akan dibahas wacana Buku besar utama lebih khususnya wacana Pempostingan jurnal khusus ke Buku Besar. Untuk sanggup memindahkan atau pempostingan jurnal khusus ke dalam buku besar utama ada beberapa langkah gampang yang harus dilakukan, Langkah-langkah pempostingan jurnal khusus ke dalam buku besar antara lain sebagai berikut:

1. Menjumlahkan saldo-saldo setiap kolom yang terdapat pada jurnal khusus
2. Memindahkan saldo-saldo dalam jurnal khusus yang telah dijumlahkan tadi ke akun yang bersangkutan, dimana kalau saldo dalam jurnal khusus berada diposisi debet maka dipindahkan ke dalam buku besar juga harus pada posisi debet, begitu juga sebaliknya kalau saldo dalam jurnal khusus berada diposisi kredit maka dipindahkan ke dalam buku besar juga harus pada posisi kredit.
3. Menuliskan nomor aba-aba akun yang bersangkutan dalam buku besar sebagai tanda pemindah bukuan.
4. Menuliskan Kode Halaman jurnal khusus ke dalam kolom Ref dalam buku besar.
5. Ketika melaksanakan pemindahbukuan akun-akun yang ada dalam kolom serba-serbi jurnal khusus, maka tulislah nomor aba-aba akun pada kolom ref yang ada dikolom serba-serbi, sebagai tanda pemindah bukuan.

Agar lebih gampang dalam memahami klarifikasi di atas silahkan anda lihat gambar Proses pemindahbukuan Jurnal khusus ke buku besar berikut ini:

yaitu Buku besar utama atau general ledger dan buku besar pembantu PROSES POSTING BUKU BESAR PADA PERUSAHAAN DAGANG

Demikianlah pembahasan Proses Posting Buku Besar pada Perusahaan Dagang dalam blog buku besar“.

Kesimpulan
Setelah Melakukan pencatatan transaksi keuangan kedalam jurnal khusus maka dilanjutkan dengan rekapitulasi jurnal khusus untuk mengetahui apakah jurnal khusus yang disusun sudah sempurna atau belum, atau tahap rekapitulasi sanggup diabaikan dan eksklusif melaksanakan posting ke buku besar utama. Buku besar utama merupakan buku besar yang berisi wacana kumpulan dari beberapa akun yang saling berafiliasi dan merupakan satu kesatuan tersendiri. Demikianlah pembahasan proses posting buku besar pada perusahaan dagang, agar bermanfaat.


Sumber http://www.akuntansipendidik.com/