Perilaku Produksi (The Law of Diminishing Return)

The Law of Diminishing ReturnMateri ekonomi berikut ini akan membahas tentang “Hukum penambahan hasil yang semakin berkurang” (The law of diminishing returns”) .

A.     Perilaku Produksi
Proses produksi sanggup diartikan sebagai proses urutan acara yang harus dilakukan dalam perjuangan untuk menghasilkan barang maupun jasa. Agar proses produksi mencapai titik optimum, maka dibutuhkan adanya peningkatan produktivitas dengan jalan menambah faktor-faktor produksi.
Akan tetapi berdasarkan Tokoh Ekonomi David Richardo penambahan faktor produksi tidak selalu sanggup menunjukkan hasil sebanding, ibarat yang digambarkan dalam “Hukum penambahan hasil yang semakin berkurang” atau The law of diminishing returnsyang berbunyi:
Dengan suatu teknik tertentu, maka mulai titik tertentu penambahan faktor produksi tidak lagi menunjukkan penambahan hasil produksi yang sebanding.
Atau dengan kata lain aksesori hasil usang kelamaan akan menurun, meskipun faktor produksi terus bertambah. Untuk jelasnya perhatikan tabel di bawah ini:
Contoh:
Tanah: 1Ha, Modal Rp.5.000.000,00
Pekerjaan
Hasil Total
(Total Product)
Tambahan Hasil
(Marginal Product)
1
2
3
4
5
6
20
21
34
42
46
48
10
11
13
8
4
2
The Law of diminishing returns terjadi pada pekerja yang ke-4 dan seterusnya, yakni sehabis tercapai marginal product maksimum sebesar 13.

Itulah pembahasan mengenai teori The Law of Diminishing Return .. biar bermanfaat…


Sumber http://www.ekonomi-holic.com/