PENGERTIAN DAN JENIS BANK DI INDONESIA

Bank merupakan salah satu acara perjuangan yang telah banyak dan ada di sekitar kita. Namun apakah anda tahu ihwal pengertian bank? Untuk mengetahui pengertian bank, pada kesempatan kali ini blog akuntansi pendidik akan membahasnya secara sederhana. Pengertian ini bekerjsama telah dipaparkan di dalam perundang-undangan, di awal pengertian ini ada pada uu No. 7 Tahun 1992 dan kemudian diperbaharui dalam UU No. 10 Tahun 1998.
Isi dari pengertian bank yang ada di UU No. 10 Tahun 1998 antara lain, bank merupakan tubuh perjuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan ataubntuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak. Adapun pengertian bank yang lainnya yaitu, bank umum merupakan bank yang melaksanakan perjuangan konvensional atau menurut prinsip syariah yang memperlihatkan jasa dalam lalulintas pembayaran.
Adapun pengertian bank lainnya, yaitu pengertian Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang banyak kita temukan disekitar kita. Pengertian dari BPR ini ialah bank yang melaksanakan acara perjuangan secara konvensional atau menurut prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memperlihatkan jasa dalam lalulintas pembayaran. Tidak ada santunan jasa lalulintas pembayaran inilah yang membedakan dengan bank umum. Dari ketiga pengertian ataupun definisi bank diatas yang telah di atur di UU tentulah harus dijalankan sesuai dengan yang semestinya.
Demikianlah pengertian dari bank, dimana dari ketiga pengertian ini semua menekankan pada penghimpunan dana dalam bentuk simpanan yang dimana uand simpanan masyarakat ini merupakan sumber dari dana bank. Tidak berhenti hingga di sini saja, dalam penyaluran dananya juga diberikan lagi kepada masyarakat sehingga tidak semata-mata bank mencari laba namun untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Dan dibutuhkan untuk setiap bank selalu memegang teguh janji mereka, semoga selaras antara acara perjuangan bank dan kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan begitu akan saling menguntungkan baik bagi para pemiliki usaha, pegawai dan juga masyarakat yang merupakan nasabah dari bank tersebut.
Kesimpulan
Ada tiga pengertian dari bank, dimana semuanya diatur di UU No. 10 Tahun 1998 dimana semua menekankan pada penghimpunan dana yang bersumber dan disalurkan pada masyarakat. Demikianlah pembahasan pengertian dan jenis bank khususnya di indonesia, semoga bermanfaat


Sumber http://www.akuntansipendidik.com/