MENGAPA GURU HARUS MENYUSUN PTK???

Dalam dunia pendidikan niscaya sudah tidak abnormal dengan istilah PTK, namun istilah tersebut gres dikenal belum dipahami secara komprehensif atau secara kaffah oleh para pendidik.

Saya beranggapan demikian alasannya yaitu berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang pendidik, telah banyak saya jumpai para pendidik yang masih belum memahami PTK dengan baik,

bahkan sebagian dari mereka tidak mengerti mengapa PTK harus disusun, dan yang lebih ironis lagi terdapat beberapa oknum pendidik yang bertindak tidak terpuji dengan membayar orang untuk menyebarkan PTK demi sebuah kenaikan pangkat.

Berdasarkan fakta yang saya jumpai tersebut, melalui blog akuntansi pendidik ini saya berusaha untuk memberi sedikit wawasan perihal PTK, khususnya yang terkait dengan pertanyaan mengapa harus menyusun PTK.

Penulis berharap apa yang disampaikan penulis lewat blog ini sanggup menciptakan saudara untuk lebih memahami PTK dengan baik, semua demi untuk mencerdaskan bangsa, bangsa kita bangsa indonesia.


Langsung saja ke pokok bahasan kita perihal mengapa harus menciptakan PTK. PTK yang merupakan abreviasi dari penelitian tindakan kelas merupakan sebuah penelitian tindakan (Action Research)  yang dilakukan oleh guru di dalam kelas yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas (Arikunto, Suharsimi 2006).

Berdasarkan pengertian PTK atau dalam bahasa inggris diistilahkan dengan Classroom Action Research mempunyai manfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sang pendidik sehingga tercapai tujuan yang ditargetkan dalam pembelajaran yang terekam dalam planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Sebagai seorang pendidik entah itu guru maupun dosen tentu saja PTK ini menjadi salah satu hal yang harus dipahami dan dilaksakan, mengingat kiprah pokok dan fungsi guru, yaitu  merencanakan pembelajaran, melaksanakannya, mengevaluasinya, meremidinya, dan memerkayanya.

Dalam dunia pendidikan niscaya sudah tidak abnormal dengan istilah  MENGAPA GURU HARUS MENYUSUN PTK???

Dengan menyadari kiprah pokok dan fungsi guru tersebut maka sebagai seorang guru dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kinerjanya. Nah perjuangan untuk menuju perbaikan kualitas kinerja guru sebagai pendidik sanggup dimulai dengan melaksanakan PTK. Kaprikornus berdasarkan penulis PTK yaitu hal penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh seorang pendidik baik guru maupun dosen, mengapa penting alasannya yaitu dengan PTK akan sanggup meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan pendidik, sehingga guru yang mempunyai gelar kebesaran sebagai “pahlawan tanpa tanda jasa” diperlukan sanggup melaksanakan PTK sebagai salah satu cara untuk memaksimalkan kiprah dan fungsinya sebagai tokoh pencetak generasi bangsa yang handal dan bermoral yang diperlukan oleh semua rakyat indonesia.

Berdasarkan pemaparan di atas maka sanggup diambil poin sebagai simpulan, gotong royong pertanyaan mengapa harus menyusun PTK sanggup dijawab dengan adanya manfaat yang diberikan dari PTK diantaranya yaitu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan sebagai kredit poin yang dipakai untuk kenaikan pangkat.

Manfaat yang pertama yaitu untuk meningkatkan mutu pembelajaran maksudnya yaitu dengan pelaksanaan PTK maka akan sanggup terdeteksi duduk kasus yang terjadi dalam proses pembelajaran, duduk kasus sanggup tiba dari guru contohnya penerapan model maupun metode pembelajaran yang kurang tepat, duduk kasus juga sanggup berasal dari siswa contohnya adanya motivasi berguru siswa yang rendah.

Setelah diketahui duduk kasus yang terjadi maka guru sanggup mengatasi duduk kasus dengan melaksanakan hipotesis atau asumsi terhadap solusi pemecahan duduk kasus yang selanjutnya dilakukan PTK untuk menunjukan hipotesisnya.

sehabis PTK dilaksanakan maka hasil dari PTK tersebut sanggup dipakai untuk memperbaiki proses pembelajaran diwaktu yang akan tiba sehingga pembelajaran yang dilakukan akan semakin berkualitas.

Manfaat yang kedua yaitu untuk meningkatkan kredit pint seorang pendidik yang dipakai untuk kenaikan pangkat, sebagaimana yang kita ketahui bahwa kredit poin untuk kenaikan Pangkat diharuskan dilengkapi dengan karya ilmiah. Maka, alangkah baiknya jikalau guru dan dosen mulai menekuni PTK semenjak dini.

Demikian pembahasan mengapa harus menyusun PTK dalam blog akuntansi pendidik, supaya post ini bermanfaat bagi saudara para pendidik yang dibanggakan bangsa. jikalau saudara ingin memahami perihal artikel ilmiah silahkan baca dalam post cara menulis artikel ilmiah.
Sumber http://www.akuntansipendidik.com/