Konsep Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran Memerlukan sebuah pemasaran yang muncul bukan hanya karena cita-cita perusahaan. Sekarang cita-cita konsumen lah yang harus dipertimbangkan oleh para manajer pemasaran dalam  konsepnya. Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaana, itulah konsep pemasaran


Konsep Manajemen Pemasaran 

Agar pelaksanaan administrasi pemasaran sanggup terlaksana, hendaknya mempunyai ada falsafah atau landasan  yang sebaiknya dipakai sebagai fatwa perjuangan pemasaran ini untuk mencapai pertukaran yang diinginkan. Landasan ini dikelompokkan dalam lima konsep alternative antara lain:

landasan ini dikelompokkan dalam  konsep alternative berikut antara lain:

Production Concept

Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta administrasi harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efesiensi distribusi. Konsep ini ialah falsafah paling renta dipakai dalam penjualan. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat pada dua situasi, yaitu situasi pertama, bila undangan akan produk lebih besar dari penawannya ; situasi kedua, terjadi jikalau biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktifitas diharapkan untuk menurunkannya. Akan tetapi, perusahaan yang bekerja dengan falsafah ini menghadapi resiko tinggi dengan focus terlalu sempit pada operasinya sendiri. Bila perusahaan berusaha menurunkan harga, yang niscaya dilupakan ialah kualitas, padahal yang di inginkan konsumen ialah harga rendah dengan barang yang menarik. Perusahaan atau produsen yang memakai konsep ini mempunyai taktik dengan menambah dan memperbanyak produk yang akan mereka pasarkan, serta memperluas pendirian daerah bagi penjualan produk mereka.

Product Concept

Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melaksanakan perbaikan produk. Pada konsep ini, perusahaan atau produsen lebih mengedepankan kualitas serta keunggulan produk yang mereka pasarkan, alasannya ialah mereka percaya bahwa konsumen akan merasa terpuaskan dengan mengkonsumsi produk mereka dengan mutu yang tinggi.


Selling Concept

Falsafah bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup kecuali organisasi mengadakan perjuangan penjualan dan promosi berskala besar. Konsep ini biasanya dilakukan pada barang yang tidak dicari, yaitu barang yang mungkin tidak terpikirkan untuk dibeli oleh konsumen, rujukan : ensiklopedia, asuransi,dll. Industri ini harus andal dalam melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada konsumen. Tujuannya ialah menjual yang perusahaan buat, bukan produk apa yang dibutuhkan masyarakat konsumen. Strategi yang dipakai perusahaan atau produsen dengan menjual produk mereka kepada konsumen dengan menawarkan produk selengkap mungkin dan skala penjualan yang lebih besar.

Marketing Concept

Falsafah administrasi pemasaran ini berkeyakinan bahwa pencapaian target organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan cita-cita pasar target dan penyampaian kepuasan didambakan itu lebih efektif an efisien daripada pesaing. Kemungkinan konsep ini membingungkan bila dibandingkan dengan konsep penjualan. Perusahaan atau produsen yang memakai konsep ini mempunyai tujuan utama yaitu kepuasan pelanggan atau konsumen ialah segalanya. Perusahaan atau produsen lebih mengorientasikan para pelanggan mereka dengan menawarkan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga terciptalah kepuasan dari para pelanggan.


Social Marketing Concept

Falsafah  pemasaran sosial beropini bahwa kiprah organisasi ialah memilih kebutuhan, cita-cita dan kepentingan pasar target serta menawarkan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Merupakan konsep pemasaran dengan cara memuaskan konsumen atau pelanggan, namun juga turut mengajak para konsumen atau masyarakatnya untuk turut berpartisipasi dengan taktik yang mereka gunakan dalam pemasaran, sehingga laba dan kepuasan sanggup dirasakan oleh seluruh aspek.


Global Marketing Concept

Pada konsep pemasaran global ini, manajer direktur berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang menghipnotis pemasaran melalui administrasi strategis yang mantap. Tujuan karenanya ialah berupaya untuk memenuhi cita-cita semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan sanggup menunjang berhasilnya acara yang dilakukan. Konsep pemasaran disusun dengan memasukkan tiga elemen pokok, yaitu :
  • Orientasi konsumen/pasar/pembeli
  • Volume penjualan yang menguntungkan
  • Koordinasi dan integrasi seluruh acara pemasaran dalam perusahaan.

Konsep pemasaran menyampaikan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan cita-cita pasar target serta menawarkan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.



Sumber http://www.ekonomiplanner.com