Penjelasan Tentang Diagram Arus Kegiatan Ekonomi (The Circular Flow Diagram)

Diagram Arus Kegiatan Ekonomi atau Circular Flow Diagram of Economy adalah model yang menunjukkan hubungan ekonomi rumah dalam ekonomi pasar. Ini menggambarkan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran dalam kegiatan ekonomi kita.

Model aliran melingkar menunjukkan kemana uang masuk dan apa yang ditukar. Model ini mencakup rumah tangga, bisnis dan pemerintah. Juga ada diagram dengan sistem perbankan yang memfasilitasi pertukaran uang, membantu mengubah tabungan menjadi investasi untuk menumbuhkan ekonomi. Dalam Arus Kegiatan Ekonomi, uang digunakan untuk membeli barang dan jasa. Barang dan jasa mengalir melalui ekonomi dalam satu arah sementara uang mengalir ke arah yang berlawanan.

DIAGRAM ARUS KEGIATAN EKONOMI - The Circular Flow Diagram (youtu.be/IsxaF1LGsaM)

DIAGRAM ARUS KEGIATAN EKONOMI – The Circular Flow Diagram (youtu.be/IsxaF1LGsaM)

DIAGRAM ARUS KEGIATAN EKONOMI (The Circular Flow Diagram) – Aktivitas ekonomi dalam suatu negara yang melibatkan Rumah Tangga Produksi dan Rumah Tangga Konsumsi digambarkan oleh Francois Quesney (1694-1774) dalam bukunya yang berjudul “Tableua Economique”, yang disebut sebagai “The Circular Flow of Economic Activity” yang artinya arus bulat acara ekonomi yang mencakup arus barang dan arus uang.

Berikut yaitu Gambar Diagram Arus Lingkar Kegiatan Ekonomi (Circular Flow Diagram)

 

 Gambar Diagram Arus Lingkar Kegiatan Ekonomi 2 Sektor
 
 Gambar Diagram Arus Lingkar Kegiatan Ekonomi 3 Sektor
 

Gambar Diagram Arus Lingkar Kegiatan Ekonomi 4 Sektor
 

 

Gambar Bagan Arus Kegiatan Ekonomi di atas menggambarkan peranan masing-masing pelaku ekonomi, yaitu sebagai berikut:

1.
Rumah Tangga Konsumen (RTK) sebagi pemilik Faktor-Faktor Produksi (tanah, tenaga kerja, modal dan skill) menjualnya ke pasar faktor produksi. Sebagai balas jasa akan diterima uang berupa sewa, upah, bunga dan laba.
Dari penghasilannya, RTK akan membelanjakan uang untuk membeli barang dari pasar barang, membayar pajak kepada pemerintah atau membeli barang impor. Selisih dari penghasilan dengan pengeluarannya dipakai untuk ditabung.
2.
Rumah Tangga Produsen (RTP) membeli Faktor-Faktor Produksi dari RTK dan menunjukkan uang sebagai balas jasa RTK. Selanjutnya RTP memproduksi barang/jasa dan dijual ke pasar barang atau diekspor. Hasil penjualan tadi yang berupa uang dipakai selain untuk membayar Faktor- Faktor Produksi juga dipakai untuk membayar pajak kepada pemerintah dan melaksanakan investasi.
3.
Rumah Tangga Pemerintah/Negara (RTN) memperoleh pendapatan dari penerimaan pajak pribadi, pajak usaha, bea masuk dan sumber lain. Pendapatan ini dipakai pemerintah untuk membangun negara dengan cara belanja barang, membayar honor pegawai negeri, menunjukkan subsidi dan lain-lain.
4.
Rumah Tangga Luar Negeri dalam bidang ekonomi melaksanakan acara ekspor dan impor serta acara lain yang menguntungkan tiap negara.
 

 

Itulah pembahasan singkat mengenai GAMBAR DIAGRAM ARUS KEGIATAN EKONOMI (The Circular Flow Diagram) dari banyak sekali sektor pelaku ekonomi,

Anda Juga Bisa Melihat Ilustrasi dan Penjelasan Diagram arus kegiatan ekonomi di bawah ini:

Sumber Rujukan

  1. study.com/academy/lesson/circular-flow-of-economic-activity-the-flow-of-goods-services-resources.html
  2. youtube.com/watch?v=IsxaF1LGsaM
  3. http://www.ekonomi-holic.com/