DEFINISI DARI LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK

Laporan keuangan sektor public yaitu suatu presentasi dari laporan keuangan yang didapat dari segala bentuk transaksi keuangan dalam suatu sector public. Tujuan dari laporan ini yaitu sebagai gosip mengenai posisi dari keuangan, arus kas, dan juga kinerja yang dipakai untuk menciptakan serta mengevaluasi keputusan perihal alokasi sumber daya yang diharapkan entitas untuk aktifitasnya dalam mencapai tujuan.
Tujuan utama dari menciptakan laporan keuangan sektor publik yaitu untuk menyediakan gosip yang sempurna dalam mengambil keputusan serta menunjukkan akuntabilitas entitas dari sumber daya yang terpercaya melalui beberapa cara, yaitu diantaranya yaitu menawarkan gosip yang terkait dengan sumber alokasi serta pemakaian sumber keuangan, menawarkan gosip perihal bagaimana cara entitas menawarkan dana untuk aktivitasnya serta bagaimana kebutuhan kas bisa dipenuhi, menawarkan gosip yang bermanfaat semoga sanggup mengevaluasi tingkat kemampuan entitas dalam menawarkan dana aktifitasnya dan juga dalam menjalankan kewajiban serta akad yang dipegang, menawarkan gosip mengenai kondisi keuangan suatu entitas dan masih banyak lagi cara lainnya.

Beberapa komponen yang diharapkan untuk menciptakan laporan keuangan sektor publik antara lain yaitu laporan posisi keuangan atau yang juga disebut dengan neraca yang terdiri dari property, aktiva tak berwujud, aktiva financial, persediaan, cadangan, kewajiban tidak lancar, kas dan setara kas, partisipasi minor, dan masih banyak lagi lainnya. Selanjutnya untuk komponen keuangan sektor publik yaitu kinerja keuangan yang mencakup surplus atau defisit, perubahan aktiva atau ekuitas netto, arus kas yang menawarkan gosip mengenai pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam suatu periode tertentu, kebijakan akuntansi serta catatan laporan keuangan.
Analisis laporan keuangan bisa ditinjau dari bermacam-macam pelaporan menyerupai neraca, komposisi investasi, komposisi hutang pension, kekayaan pemerintah, likuiditas pemerintah, efektifitas penarikan pajak, komposisi pengeluaran dan pendapatan, laporan arus kas, komposisi arus kas, surplus atau defisit, beban bunga pinjaman, dan lain-lain. Selain dengan menganalisa laporan keuangan, ada juga yang bisa dilakukan dengan indikator lainnya. Indikator tersebut antara lain yaitu pertumbuhan ekonomi, structural, dan sosial.
Kesimpulan
Analisis keuangan sektor publik menyajikan sebuah laporan keuangan yang dipertanggungjawabkan oleh manager untuk dilaporkan pada pihak luar yang terkait.


Sumber http://www.akuntansipendidik.com/