Contoh Soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas tingkat Kabupaten/Kota dan Pembahasannya Bagian 7

Pada artikel adegan 7 ini pendidikanekonomi.com akan membahas beberapa pola soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas dalam Bahasa Inggris, menyerupai halnya pada artikel bagian 6 yang lalu. Beberapa pola soal tersebut kami ambilkan dari “Soal Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota 2010 Bidang Ekonomi”.
Kami akan mengambil 2 soal yang berkaitan dengan bahan Permintaan dan Penawaran. Kami akan membahas satu per satu, tiap satu soal pribadi diikuti dengan pembahasannya. Adapun 2 soal tersebut yakni sebagai berikut:
Soal Pertama
Pembahasan
Pertanyaan pertama tersebut di atas membahas ihwal kurva permintaan, lebih terang lagi ihwal pergeseran kurva permintaan. Inti pertanyaan di atas yakni apa yang menimbulkan peningkatan harga dari P0 ke P1?
Kata kunci dari soal di atas terletak pada pergeseran kurva undangan dari D1 ke D2 (bergeser ke kanan) yang pada kesannya menimbulkan harga meningkat dari P0 ke P1. Kita tahu bahwa pergeseran kurva undangan disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yakni 1) Pendapatan, 2) Harga barang terkait, 3) Selera, 4) Ekspektasi, dan 5) Jumlah Pembeli.
Dari beberapa faktor tersebut yang masuk dalam pilihan balasan yakni pendapatan (consumer income). Jika pendapatan konsumen meningkat (cetertis paribus) maka akan menimbulkan kurva undangan bergeser ke kanan. Dengan demikian, balasan dari soal di atas yakni (B) Increasing in Consumer’s Income (meningkatnya pendapatan konsumen).
Soal Kedua
The supply and demand of textile materials at Surabaya Show in the function below:
Qd = 180-20P
Qs = -20 + 5P
Based on those two functions, the equilibrium price of textile material in Surabaya is ….
A. 3
B. 5
C. 7
D. 8
E. 10
Pembahasan
Soal kedua berbicara mengenai fungsi undangan dan penawaran. Inti soalnya yakni harga keseimbangan dari fungsi undangan dan fungsi penawaran tersebut. Harga dilambangkan dengan abjad P, sehingga kita akan mencari besarnya nilai P dari persamaan/formula tersebut.
Seimbang berarti Qs = Qd; kemudian kita aplikasikan pada 2 formula di atas.
Qd = Qs
180 – 20P = -20 + 5P
25P = 200
P = 200/25 = 8
Sehingga balasan dari soal di atas yakni (D) 8
Demikian pembahasan mengenai pola Soal OSN Ekonomi Sekolah Menengan Atas tingkat Kabupaten/Kota dan Pembahasannya Bagian 7. Semoga sanggup bermanfaat, khususnya bagi siswa atau guru yang sedang membimbing siswa untuk persiapan olimpiade. Tunggu artikel pendidikanekonomi.com di bagian-bagian selanjutnya.


Sumber http://www.pendidikanekonomi.com/