Bisnis Pakaian Modal Kecil di Rumah Saja

Semakin berkembang tekhnologi belakangan ini banyak usaha bisnis yang mengikuti perkembangan tekhnologi tersebut. Usaha-usaha yang banyak bermunculan yang memanfaatkan media tekhnologi kini sudah mewarnai. Seperti usaha online shop, jasa, ojek online, bengkel online, makanan online, pijat online yang semuanya serba online. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal bisnis online pakaian modal kecil.


Bisnis Pakaian Modal Kecil Cukup di Rumah Saja

Kunci sukses bisnis ini ialah memahami betul barang yang anda jual dan menguasai teknik pemasaran yang tepat. Berikut ialah 10 langkah tersebut.


Menentukan jenis pakaian yang akan anda jual
Sekarang silahkan anda putuskan. Ingin berjualan apa saja. Catat setiap pandangan gres yang muncul untuk bisnis pakaian anda. Ada berbagai cara untuk memperoleh ide. Cara pertama ialah mengikuti intuisi. Jual sesuatu yang anda sukai dan berdasarkan anda laku keras. Cara kedua ialah memakai data di internet. Lihatlah barang apa yang laku di pasaran. Ada empat cara untuk melaksanakan ini semua.

  1. Buka lazada, olx.co.id, tokopedia dan sejenisnya. Ketikkan salah satu nama jenis pakaian, lihatlah berapa kali barang tersebut dilihat. Lihat juga berapa kali pakaian terebut dibeli.Barang yang mahal biasanya dilihat banyak orang namun jarang terjual. Anda harus jeli melihat barang yang laris.
  2. Buka toko online baju atau pakaian, lihatlah barang yang laris. Catat baik-baik peluang tersebut
  3. Menggunakan google keyword planner. Anda cukup log in dengan akun google. Ketikkan sebuah kata kunci, dan lihatlah keajaiban, anda akan melihat data yang sangat lengkap.Ada data pencarian per bulan, dan kata kunci sejenis. Menurut pengalaman saya, ini ialah data terlengkap untuk pasar nasional
  4. Berselancar di google trend. Google demam isu ialah daerah kita menemukan kata kunci yang sedang ngetrend dikala ini. Termasuk ihwal pakaian
Mempelajari jenis pakaian dan jenis bahan
Jenis kain itu berbeda-beda. Harganya juga berbeda-beda. Apalagi kalau anda memutuskan untuk menjual secara online. Jangan hingga pembeli kecewa sebab anda salah mendeskripsikan barang sehingga pakaian yang dipesan tidak sesuai keinginan.
Mencari supplier
Mencari supplier bisa dibilang gampang-gampang susah. Di sini ketekunan, keuletan, dan kehati-hatian kita sangat diperlukan. Carilah supplier yang mau dan bisa menjelaskan secara detail jenis pakaian tersebut, dan tentu saja praktis dihubungi. Ada supplier yang susah diajak kerja sama. Ada juga supplier yang praktis diajak kolaborasi namun ternyata harganya mahal. Anda dilarang terburu-buru untuk memutuskan rekan bisnis pakaian anda.

Waktunya berjualan, mulailah dari dropship
Supplier sudah oke. Barang niscaya ada. Mulailah dari dropship.
Dropship ialah menjual barang milik orang lain. Anda yang mencari pembeli, kemudian supplier yang akan mengirimkan barang.
Keuntungan dari bisnis dropship ialah anda akan fokus berguru pemasaran, berguru cara menjual.
Berinvestasilah untuk ilmu

Gunakan waktu anda untuk mempelajari cara berjualan. Jika ada yang merekomendasikan suatu course bagus, ikutilah. Ini sangat penting. Kalaupun anda punya barang bagus, tapi tidak bisa berjualan, ya percuma. Secara umum ada 3 sumber pengunjung di internet, yaitu :

  1. Media sosial (facebook, twitter, instagram, dsbb) 
  2. Search engine (google, yahoo, dan bing) 
  3. Iklan berbayar (instagram ads, facebook ads, google ads)
Fokuslah pada satu saja. Anda master di adwords saja misalnya, penjualan anda niscaya melejit. Berinvestasilah untuk ilmu dan fokus.
Rekrut karyawan, waktunya memperbesar usaha
Beberapa bulan sesudah usaha, anda akan kewalahan sebab kebanjiran order. Rekrutlah karyawan untuk membantu anda menjadi customer service. Karyawan sangat penting untuk melaksanakan pekerjaan rutin. Anda pun masih tetap bisa fokus mempelajari teknik-teknik terbaru dalam mendatangkan pengunjung yang akan membeli produk anda.


Membuka toko offline (fisik)
Nah modal sudah terkumpul. Saatnya anda menstok barang sendiri untuk bisnis pakaian offine. Silahkan membuka toko. Membuka toko butuh usaha ekstra. Satu tahun sesudah membuka toko, anda harus memutuskan apakah fokus di online atau juga membuka toko online. Dalam membuka toko, lokasi sangat penting. Jangan hingga menciptakan toko glamor yang akhirnya mahal di sekitar pasar yang agak kumuh. Anda tidak akan menerima pengunjung.
Putuskan, produksi sendiri atau jadi distributor
Seringnya, lebih murah membeli dari supplier daripada memproduksi sendiri. Anda juga bisa menghemat dari segi waktu. Merk yang anda jual juga brand yang ada di pasaran. Meski demikian, tidak ada salahnya kalau anda ingin memproduksi sendiri. Sama ibarat nomor 7. Analisa apa yang terjadi kemudian ambil keputusan terbaik.
Lipat gandakan laba dengan membuka cabang atau dropship
Anda pernah menjadi dropshiper untuk orang lain. Waktunya kini anda membuka peluang usaha tersebut. Apabila memiliki toko offline, anda juga bisa membuka cabang di lokasi strategis yang lain. Di kota kelahiran saya, pati. Ada 4 toko dengan nama yang sama di 4 lokasi strategis di kota kami.
Perbaiki, perbaiki, dan perbaiki
Dalam bisnis online, berhenti atau stabil artinya mundur. Jumlah rang online semakin bertambah, kalau bisnis anda tidak bertambah, artinya anda mundur.

Demikianlah beberapa tips ihwal bisnis pakaian modal kecil yang bisa anda praktekkan sekarang, sebab kini masih hangat hangatnya bisnis semacam ini. sumber erakini.com


Sumber http://www.ekonomiplanner.com