Aturan Minum Kunyit yang Benar Menurut GinanjarHerbal

Kunyit atau kunir, yang dalam bahasa latin Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia hingga Afrika. Kunyit termasuk kedalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Nama lokal kunyit berbeda-beda pada setiap daerah, seperti kurkuma (Belanda),  turmeric (Inggris), kunyit (Indonesia dan Malaysia), konyet (Madura). janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda).

.Di Indonesia, India serta bangsa Asia lainnya umumnya pernah mengonsumsi tanaman yang satu ini. Pemanfaat kunyit biasanya untuk pelengkap bumbu masakan, jamu, menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, zat-zat tersebut terdiri atas:

  • Arabinosa, pati, tannin,fruktosa, glukosa, dan dammar.
  • Mineral (magnesium besi, natrium, kalium, aluminiu, timbal, seng, kobalt,  mangan, kalsium, dan bismuth).
  • Zat warna kurkumin
  • Minyak atsiri 2-5% (seskuiterpen, seskuifellandren, zingiberin, kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, fenilpropana turmeron, aril kurkumen, humulen).

Kandungan dari kunyit di atas mampu memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengatasi mual, gatal, kembung, maag, jerawat, hingga kanker. Manfaat dari kunyit akan segera didapatkan dengan me minum kunyit sesuai dengan aturan yang tepat. Aturan yang tepat dalam meminum kunyit untuk orang dewasa Menurut University of Maryland Medical Center adalah sebagai berikut:

Akar segar                  : 1,5 – 3 gram per hari

Akar kering, bubuk      : 1 – 3 gram per hari

Ekstrak cairan (1: 1) : 30 – 90 tetes sehari

Tinktur (1: 2) : 15 – 30 tetes, yaitu 4 kali se hari

Bubuk standar (suplemen kurkumin): 400 – 600 mg, 3 kali se hari

Meski alami, kunyit tetap bisa menimbulkan efek samping  jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi, berikut efek samping dari konsumsi kunyit tidak sesuai aturan dosis? Berikut efek samping dari kunyit diantaranya:

1. Detak jantung abnormal

Hal ini berdasarkan laporan dari sebuah kasus yang menyatakan seseorang mengalami detak jantung tidak normal karena mengkonsumsi kunyit lebih dari 1500 mg 2 kali sehari.

2. Menimbulkan ruam yang terasa gatal

3. Masalah lambung

Masalah gastrointestinal terjadi pada seseorang yang mengonsumsi kunyit lebih dari 1000 mg dalam bentuk suplemen curcumin perhari.

4. Meningkatkan resiko infertilitas

Kunyit juga dapat menurunkan kadar hormon testosteron serta  memperlambat laju sperma jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

5. Menghambat penyerapan zat besi.

6.  Kulit jadi kuning

Konsumsi kunyit dalam dosis tinggi tidak hanya mampu membuat kulit tampak kekuningan, namun juga berpengaruh pada kuku, tinja, bahkan keringat.

7.  Keringat dingin

8. Bau badan

9. Perut jadi kurang nyaman

10. Mual atau muntah

11. Mengganggu kinerja obat lain

kunyit ternyata juga dapat menginterupsi kinerja beberapa obat lain, seperti aspirin, clopidogrel, serta warfarin.

12. Meningkatkan risiko pendarahan

Meningkatknya risiko pendarahan dikarenakan kunyit memiliki sifat anti koagulan yang bisa memperlambat proses pembekuan darah

13. Membahayakan kondisi janin.

14. Meningkatnya volume darah saat haid.

15. Memperparah batu ginjal, dsb

Demikianlah penjelasan tentang aturan meminum kunyit sesuai dosis yang dianjurkan yang berhasil penulis rangkum.  Ingat jangan sampai khasiat dari kunyit, malah menimbulkan efek buruk yang tidak diharapkan ya, jadi minumlah dengan bijak sesuai dosis dan tidak berlebihan. Untuk pembahasan manfaat kunyit lainnya Anda bisa mengunjungi GinanjarHerbal. Sekian pembahasan artikel ini, semoga bermanfaat.

Add Comment