8 Tip Yang Efektif Melepaskan Ketumbit dengan Cepat

Posted on

Sayang sekali mencampur rasa sakit saat mata diserang ketumbit. Ada kesedihan ketika orang di sekitarnya menggoda dan kata tidak.

Tapi sebenarnya, ketumbit adalah sejenis radang di kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan bukan alasan mengintai atau menenangkan. Menurut sebuah artikel, Dr. Muhaya menjelaskan bahwa bakteri ini biasanya berkembang biak di akar bulu mata sebelum menimbulkan masalah.

Menurut situs web WebMD, ada dua jenis kepiting biasa:

Stye: Infeksi disebabkan oleh akar bulu mata (folikel). Ketumbar jenis ini terjadi di tepi kelopak mata. Jika ada di kelopak mata, itu disebut hordeolum dan itu disebabkan oleh infeksi kuman pada minyak kelenjar di kelopak mata. Jenis gravitasi ini cukup menyakitkan, tapi cepat sembuh dalam seminggu.

Chalazion: Munculnya benjolan di kelopak mata. Biasanya itu lebih besar dari 'stye' tapi tidak menyakitkan. Ini adalah peradangan yang disebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar. Dalam beberapa kasus, 'stye' bisa menjadi 'chalazion'. Ketumbar jenis ini bisa bertahan hingga satu bulan atau lebih.

Bila seseorang mengalami ketumbit, maka akan disertai gejala lain seperti mata berair, gatal, sensitif, dan bengkak atau kemerahan pada kelopak mata. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya dan tidak menular.

Biasanya, kerak bisa pulih dengan sendirinya. Ada beberapa cara untuk menyingkirkan krisis yang bisa Anda lakukan di rumah.

Stye (kiri) dan Chalazion (kanan)

Berikut adalah cara menyingkirkan kepiting yang bisa dicoba:

1. BERSIH

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat terkena ketumbit adalah dengan membersihkan kelopak mata dengan air bersih.

Untuk perawatan yang lebih higienis, Anda bisa menggunakan cotton bud dan sampo ringan seperti sampo bayi yang tidak bercukur untuk membersihkan kelopak mata dan bulu mata sekitarnya.

2. HOT SURVIVOR

Cara teraman dan paling efektif untuk meringankan ketumbit adalah dengan air yang cukup panas. Cara ini juga cocok untuk anak dan balita.

Rendam kain dengan air hangat dan kompres pada kelopak mata yang terkena untuk mengatasi penyumbatan kelenjar di kelopak mata. Ulangi langkah ini tiga kali sehari selama seminggu. Pastikan kain yang Anda gunakan bersih ya.

3. SUDU

Selain menggunakan air panas, Anda juga bisa menggunakan sendok untuk mata.

Caranya, rendam sendok dengan air suam-suam kuku dan panaskan agar tidak terlalu panas. Cukup nyaman, bisa meledak di bagian mata yang terkena. Panaskan sekitar 3 menit setiap kali.

4. GREEN TEA GI

Selain air panas, Anda bisa mencoba eye-eye dengan kantong teh hijau. Selain menghilangkan rasa tidak nyaman, teh hijau mengandung asam tanat yang membantu melindungi terhadap infeksi.

Caranya, rendam kantong teh hijau di air panas. Setelah 5 menit, angkat dan buang air berlebih dalam sendok teh. Jika terlalu panas, tunggu beberapa saat sebelum meletakkannya di mata. Bila suhunya sesuai, biarkan mata selama 5 menit. Lakukan beberapa kali sehari.

5. SIRIH DAIRY

Ambil beberapa potong daun sirih dan bersihkan. Lalu, panaskan sedikit di atas api atau badan ketel dan oleskan ke mata yang hancur.

Satu lagi cara, rebus daun sirih sampai mendidih. Keluarkan daun sirih dan susu untuk mendapatkan air. Gunakan air ini untuk membersihkan mata merah.

6. GARAM

Ujung lain yang katanya bisa memecah ketumbit dengan cepat adalah dengan menambahkan garam di bagian atas.

Sangat mudah untuk menaruh beberapa garam dalam air panas / air hangat untuk digunakan. Setelah larut, bersihkan handuk dan air bersih. Bisa juga menggunakan kapas. Panaskan 2-3 menit di ketumbit. Lakukan 3 atau 4 kali sehari.

7. CUKA EPAL

Selain garam, Anda juga bisa mencoba menggunakan cuka sari apel dengan cara yang sama. Namun, hindari menggunakan cuka pada anak karena cukup 'kuat'. Pastikan cuka apel larut terlebih dahulu agar asamnya tidak terlalu kuat.

Selain itu, untuk orang dewasa, Anda bisa minum sepotong cuka apel yang dilarutkan dalam air hangat agar hasilnya lebih efektif.

8. BAWANG PUTIH

Salah satu cara yang paling populer untuk menyingkirkan kepiting yang paling umum di kalangan orang tua adalah dengan menggunakan bawang putih karena diyakini mengandung sifat anti-inflamasi. Namun, cara ini akan sedikit menyedihkan. Jadi, tidak pantas melakukannya pada anak-anak.

Caranya, ambil bawang putih dan sedikit ujung ujungnya dengan pisau untuk mengeluarkan sariawan. Oleskan ke kelopak mata 3 kali sehari. Konon efektif jika kepiting baru membengkak tumbuh dan tidak tumbuh. Apapun, hati-hati dan pastikan kebersihan diprioritaskan.

MENDAPATKAN PERAWATAN DOKTER JIKA TERKAIT

Jika masih berlarut-larut, pastikan Anda mendapatkan krim antibiotik di apotek atau klinik terutama jika anak menunjukkan ketidaknyamanan.

Yang penting, jangan mencoba mematahkan kepiting ini sendiri karena bisa menyebabkan penyebaran infeksi. Sementara itu, hindari memakai make-up pada mata atau lensa kontak karena bisa menyebabkan infeksi parah.